Senin, 13 Oktober 2008

50 Tahun IC Mengubah Dunia

Bila Jack Kilby tidak pernah menemukan integrated circuit (IC), komputer saat ini mungkin masih diletakakan di cabinet dari kayu mahoni yang besar dan kuat dengan serangkaian katup dari kuningan. Atau setidaknya dalam kotak-kotak besar yang isinya transistor yang di solder dengan tangan. Penemuan IC mengubah itu semua dan mengubah dunia. Bulan ini dunia merayakan penemuan IC ke 50 tahun.

IC atau microchip pertama di demonstrasikan Jack Kilby (dari Texas Instruments) pada 12 September 1958. Saat itu tidak terlalu diperhatikan. Tapi akhirnya Texas Instrument mengakui bahwa Kilby sering mengatakan dirinya akan dikenal sebagai orang yang pertamakali menunjukkan IC bisa beroperasi.

Saat itu microchip buatan Kilby bisa menghasilkan gelombang sinus di layar osiloskop.

IC buatan Kilby itu terdiri dari selarik germanium yang diletakkan di di tengah lempengan kaca, dengan ukuran 7/16 inch x 1/16inch.. Dengan kabel yang menonjol, dan hanya satu transistor, beberapa resistor dan sebuah capasitor, microchip ini terbilang primitive untuk ukuran saat ini. Namun, IC ini membuka pintu gerbang untuk produksi massal chip yang mengandung lebih banyak transistor tanpa harus direpotkan dengan proses mengelas dengan tangan yang merepotkan.

Bila membandingkan fakta bahwa pada tahun 50-an computer masih seukurang gudang dan kini menjadi perangkat yang di jinjing, bisa dibanyakan betapa cepat pertumbuhan IC yang mungkin tidak terbayangkan oleh Jack Kilby.



source:inilah.com

Tidak ada komentar: