Jumat, 19 Desember 2008

TUGAS CO GENERATOR

PROPOSAL

"MOBIL PEMBANGKIT LISTRIK“

Diajukan untuk memenuhi tugas energi konversi

Oleh

ASEP TARBINI (0807812)


JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO




FAKULTAS PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

2008




BAB I
PENDAHULUAN

Berbagai persoalan tak henti - hentinya muncul di negeri ini. Salah satu persoalan yang cukup menjadi perhatian adalah persoalan krisis energi. Berbagai jenis energi jumlahnya terus berkurang, bahkan ada yang telah habis. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka pemerintah menganjurkan kepada masyarakat untuk menghemat energi, serta memanfaatkan energi baru dan terbarukan.
Atas latar belakang tersebut, maka penulis merencanakan sebuah pembangkit listrikdengan memanfaatkan energi yang terbuang. Pembangkit listrik ini dinamakan "Mobil Pembangkit Listrik".




BAB II
PRINSIP KERJA

Seperti namanya, Mobil Pembangkit Listrik ini memanfaatkan suatu energi terbuang dari sebuah mobil. Seperti pembangkit listrik lainnya, dalam proyek ini juga menggunakan sebuah generator untuk membangkitkan tenaga listrik.

Gambar diatas merupakan gambar kerja dari proyek ini. Gardan yang fungsi subenarnya adalah untuk memutar ban mobil, dikopel secara langsung ke sebuah genertor. Gerakan gardan tersebut akan memutar genenerator, sehingga dalam generator tersebut terjadi perpotongan gaya magnet yang akan menimbulkan tenaga listrik. Listrik tersebut, kemudian di simpan di dalam battery atau accumulator. Jadi, Mobil Pembangkit Listrik ini menggunakan dua accumulator. Accumulator yang pertama digunakan untuk memenuhi kebutuhan kelistrikan mobil itu sendiri, sedangkan accumulator yang kedua digunakan untuk menyimpan tenaga listrik yang dihasilkan dari generator. Daya yang dihasilkan diperkirakan dapat mencapai 500 - 800 watt.


Keuntungan Mobil Pembangkit Listrik :
  • Bisa menjadi solusi krisis energi
  • Memanfaatkan energi yang terbuang
  • Energi yang dihasilkan cukup besar untuk dipakai dalam rumah tangga

Kerugian Mobil Pembangkit Listrik :
  • Tidak semua jenis mobil dapat dimodifikasi menjadi pembangkit listrik
  • Kecepatan putaran kadang tidak stabil
  • Membutuhkan tempat yang luas untuk menyimpan genertor dan accumulator





BAB III
KESIMPULAN

Pembangkit listrik ini merupakan pembangkit listrik yang menggunakan enerrgi yang terbuang sebagi sumber bahan pembangkitan. Menggunakan sebuah generator yang dikopel secara langsung dengan gardan mobil supaya dapat berputar dan menghasilkan tenaga listrik. Tenaga listrik tersebut kemudian disimpan dalam accumulator.














Tidak ada komentar: