Jumat, 27 Januari 2012

Cara Merawat Pikiran

Memang,pikiran bukanlah sesuatu yang dapat dilihat dan diraba seperti halnya fisik. Tetapi Anda perlu melatihnya sebagaimana upaya Anda menyehatkan fisik.Seperti halnya pada fisik,anda pun perlu melakukan olahraga untuk pikiran Anda.Namun bagaimana caranya?Mungkin saran dari saya berikut ini bisa Anda praktekkan:

1.Singkirkan rutinitas Anda
Seseorang yang terpaku pada kegiatan ritual yang sama setiap harinya maka pola pikirnya pun akan mengikuti pola yang sama,begitu pula dengan emosinya.Maka, sesekali singkirkan rutinitas Anda.Lakukan sesuatu yang berbeda dari biasanya. Misalnya lakukan perjalanan ke tempat yang sering anda kunjungi lewat jalur yang berbeda dari yang biasa Anda lewati.Anda juga bisa makan siang pada waktu dan tempat yang berbeda.Gunakan busana yang lain dari hari-hari kemarin.Sesuatu yang baru,diyakini dapat menyegarkan pikiran dan berdampak positif bagi Anda.

2.Cobalah sesuatu yang baru bagi mental Anda
Banyak sekali kelas kursus atau organisasi bagi orang dewasa yang dapat Anda ikuti untuk memperluas wawasan berpikir Anda.Dan Anda bisa memilihnya salah satu.Misalnya kursus merangkai bunga,kursus montir mobil,memasak,atau mengikuti organisasi pecinta alam.Keikutsertaan Anda dalam aktivitas tersebut dapat memberi kekayaan batin dan menambah wawasan Anda.Walau mungkin apa yang Anda pelajari tidak langsung Anda butuhkan dalam kehidupan sehari-hari tapi kegiatan itu dapat merangsang kerja otak dan pikiran Anda yang tengah jenuh dalam rutinitas.

3.Lakukan aktivitas yang baru bagi fisik Anda
Meskipun latihan ini dalam rangka menyegarkan pikiran Anda,akan tetapi Anda dianjurkan juga untuk melakukan aktivitas fisik yang baru.Karena,pikiran akan bekerja lebih aktif selama Anda melakukan kegiatan fisik.Anda bisa melakukan olahraga yang belum pernah Anda coba atau rekreasi ke tempat yang belum pernah Anda kunjungi.Pikiran Anda akan bekerja lebih aktif selama Anda melakukan aktivitas baru tersebut,tanpa Anda sadari.Dan Anda pun akan merasakan kepuasan dan ketenangan batin yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya.

4.Konsumsi berbagai macam bacaan
Bacaan yang variatif selain dapat memperkaya wawasan dan intelektualitas,juga dapat menambah pengalaman batin Anda.Maka,jangan terfokus hanya pada satu jenis bacaan. Jika selama ini Anda suka melahap bacaan politik atau teknologi,bacalah novel-novel dengan cerita romantis.Baca juga berita-berita olahraga,fashion,gosip,kesehatan, dsb.Percayalah,bacaan yang variatif ini akan membuat pikiran Anda lebih "FRESH" dari sebelumnya.

5.Sempatkan meditasi setiap hari
Meditasi berguna sebagai relaksasi dan peregangan otot-otot pikiran Anda.Jadi,sebelum Anda memulai aktivitas harian,lakukan meditasi beebrapa saat. Lakukan di tempat yang cukup tenang dan nyaman.Pejamkan mata,tarik nafas dalam-dalam,dan lepaskan beban pikiran Anda.Kosongkan otak Anda,seperti halnya isi batre handhone yang terkuras kemudian di charge lagi.Ulangi latihan ini setiap harinya.Untuk hasil yang lebih maksimal,lukukanlah meditasi di tempat yang gelap.

Tidak ada komentar: