Kamis, 05 Januari 2012

7 Sumber Energi Alternatif

Banyak negara mengandalkan batubara, minyak dan gas alam untuk memasok sebagian besar kebutuhan energi mereka, tetapi ketergantungan pada bahan bakar fosil menyajikan masalah besar. Bahan bakar fosil adalah sumber daya yang terbatas. Akhirnya, dunia akan kehabisan bahan bakar fosil, atau akan menjadi terlalu mahal. Celakanya bahan bakar fosil juga menyebabkan polusi udara, air dan tanah, dan menghasilkan gas rumah kaca yang berkontribusi terhadap pemanasan global.

Sumber daya energi terbarukan, seperti angin, matahari dan tenaga air, menawarkan alternatif pengganti untuk bahan bakar fosil. Mereka menghasilkan sedikit atau bahkan tidak ada pencemaran atau gas rumah kaca. Dan kabar baiknya, sumber energi ini tidak akan pernah habis.

Berikut Top 7 Sumber Energi Terbarukan :

1. Solar Energi

http://vibulletin.com/img/images/667Sumber_Energi_Baru_7.jpg

Matahari adalah sumber kita yang paling kuat energi. Sinar matahari, atau energi surya, dapat digunakan untuk pemanasan rumah, pencahayaan dan pendinginan dan bangunan lainnya, pembangkit listrik, pemanas air, dan berbagai proses industri. Sebagian besar bentuk energi terbarukan berasal baik secara langsung atau tidak langsung dari matahari. Sebagai contoh, panas dari matahari menyebabkan angin bertiup, memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan pohon dan tanaman lain yang digunakan untuk energi biomassa, dan memainkan peran penting dalam siklus penguapan dan curah hujan yang menjadi sumber energi air.

2. Energi Angin

http://vibulletin.com/img/images/595Sumber_Energi_Baru_6.jpg

Angin adalah gerakan udara yang terjadi ketika naik udara hangat dan udara dingin di bergegas untuk menggantinya. Energi angin telah digunakan selama berabad-abad untuk kapal layar dan kincir angin untuk menggiling gandum. Hari ini, energi angin ditangkap oleh turbin angin dan digunakan untuk menghasilkan listrik.

3. Energi Hydropower

http://vibulletin.com/img/images/582Sumber_Energi_Baru_5.jpg

Air yang mengalir ke hilir merupakan kekuatan. Air adalah sumber daya terbarukan, terus diisi oleh siklus global penguapan dan curah hujan. Panas matahari menyebabkan air di danau dan lautan menguap dan membentuk awan. Air kemudian jatuh kembali ke bumi sebagai hujan atau salju, dan mengalir ke sungai dan sungai yang mengalir kembali ke laut. Air yang mengalir dapat digunakan untuk memutar turbin yang mendorong proses mekanis untuk memutar generator. Energi air mengalir dapat digunakan untuk menghasilkan listrik.

4. Energi Biomassa

http://vibulletin.com/img/images/298Sumber_Energi_Baru_4.jpg

Biomassa telah menjadi sumber energi penting sejak orang pertama mulai membakar kayu untuk memasak makanan dan menghangatkan diri melawan dinginnya musim dingin. Kayu masih merupakan sumber yang paling umum dari energi biomassa, tetapi sumber-sumber lain dari energi biomassa meliputi tanaman pangan, rumput dan tanaman lain, limbah pertanian dan kehutanan dan residu, komponen organik dari limbah kota dan industri, bahkan gas metana dari tempat pembuangan sampah dipanen masyarakat.
Biomassa dapat digunakan untuk menghasilkan listrik dan sebagai bahan bakar untuk transportasi, atau untuk memproduksi produk yang tidak akan membutuhkan penggunaan bahan bakar fosil.

5. Energi Hidrogen

http://vibulletin.com/img/images/919Sumber_Energi_Baru_3.jpg

Hidrogen memiliki potensi yang luar biasa sebagai sumber bahan bakar dan energi, tetapi teknologi yang dibutuhkan untuk mewujudkan potensi ini masih dalam tahap awal. Hidrogen adalah elemen paling umum di Bumi. Air adalah dua-pertiganya hidrogen, tapi hidrogen di alam selalu ditemukan dalam kombinasi dengan unsur lainnya. Setelah dipisahkan dari unsur-unsur lain, hidrogen dapat digunakan untuk menggerakkkan kendaraan, menggantikan gas alam untuk pemanasan dan memasak, dan untuk menghasilkan listrik.

6. Energi Panas Bumi

http://vibulletin.com/img/images/370Sumber_Energi_Baru_2.jpg

Panas di dalam bumi menghasilkan uap dan air panas yang dapat digunakan untuk pembangkit listrik dan menghasilkan listrik, atau untuk aplikasi lain seperti pemanasan rumah dan pembangkit listrik untuk industri. Energi panas bumi dapat ditarik dari waduk bawah tanah dengan pengeboran, atau dari reservoir panas bumi yang terletak lebih dekat ke permukaan.

7. Energi Samudera

http://vibulletin.com/img/images/287Sumber_Energi_Baru_1.jpg

Lautan menyediakan beberapa bentuk energi terbarukan, dan masing-masing didorong oleh kekuatan yang berbeda. Energi dari gelombang laut dan pasang surut dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik, dan energi termal laut-dari panas yang tersimpan dalam air laut-dapat juga diubah menjadi listrik.

Meskipun pada masa sekarang, energi laut memerlukan teknologi yang mahal dibandingkan dengan sumber energi terbarukan lainnya, tapi laut tetap penting sebagai sumber energi potensial untuk masa depan.

Ulasan singkat mengenai energi ramah lingkungan

Energi ramah lingkungan

Energi ramah lingkungan atau energi hijau (Inggris: green energy) adalah suatu istilah yang menjelaskan apa yang dianggap sebagai sumber energi dan tenaga yang ramah terhadap lingkungan. Khususnya, istilah ini merujuk ke sumber-sumber energi yang dapat diperbaharui dan tidak mencemari lingkungan. Selain air, sinar matahari dan angin terdapat pula energi yang berasal dari makhluk hidup. Termasuk dalam kategori yang terakhir sering disebut juga sebagai biomassa, yang sebagai salah satu contohnya adalah minyak jelantah.

Secara umum jenis energi ini termasuk ke dalam energi terbaharui.

10 Energi ramah lingkungan Terunik.

sangat mengagumkan bagaimana kita melihat masyarakat yang cukup kreatif dalam menemukan dan memecahkan konsep baru dan cara baru dalam menghasilkan energi listrik. beberapa cara mungkin terbilang tidak masuk akal dan memaksa anda untuk membuktikannya sekaligus mempraktekkanya sebagai salah satu bukti dari sebuah solusi. Beberapa pilihan mungkin mengarahkan untuk membangkitkan energi, meski terlalu kecil untuk dipertimbangkan, namun demikian akan lebih bermanfaat jika kita menghargai hasil temuan mereka supaya bisa berkembang lebih maju dan sempurna.


1. Kereta api di Jepang memanfaatkan energi dari lalu-lalang penumpang yang ada disana.

Perusahaan kereta api Jepang sektor timur mengadakan Riset dan mencoba untuk mengembangkan stasiun kereta api yang ramah lingkungan yang memanfaatkan lalu-lalang penumpang untuk membangkitkan energi listrik dari gerakan manusia, yang merupakan ide yang inovatif. maka dari itu para penumpang akan bergerak dengan energi yang dihasilkan gerakan dia sendiri, Konsep ini berdasarkan sebuah tehnologi Piezo , yang memanfaatkan perangkat piezo dibawah lantai pintu tiket yang akan menghasilkan energi listrik dari gerakan penumpang yang berjalan diatasnya. Prototype dari tehnologi ini dicoba di terminal Shibuya, dan selama masa percobaan hasilnya tergolong memuaskan , yang akan menjadi tehnologi memenuhi kebutuhan listrik mandiri yang ramah lingkungan dan hampir mendekati tehnologi masa depan.

2. Cow Poop: penghasil gas methan energi hijau di California

Kita semua telah mengetahui apa bila kotoran sapi itu bisa digunakan sebagai pupuk kandang dan juga biogas. Bagaimanapun , konsep yang dikenalkan David Abers, yang membayangkan instalasi biogas yang melayani sebagian besar sumber energi listrik dan memasok 100 rumah penduduk perhari. proyek impiannya-sebuah proyek dam biogas- yang berbentuk seperti sebuah danau yang seluas 5 lapangan bola dengan kedalaman 33 kaki , yang terisi penuh dengan kotoran hewan ternak. bagaimanapun juga , proses dalam memproduksi gas methan ini sangat berbeda dengan proses yang diusulkan dan lebih effisien sebagai limbah cair yang kemudian dirubah menjadi Hidrogen sulfida dan Co2 yang harus dipisahkan dari kotoran cair untuk menghasilkan gas methan murni.

3. Energy yang dihasilkan dari goncangan payudara

Kita telah mengetahui bahwa energi ini dapat dihasilkan dari apapun yang bergerak, ini bisa dihasilkan melalui gerakan mesin ataupun mungkin melalui gerakan manusia, akan tetapi payudara sendiri bisa menghasilkan energi ini sedikit keluar dari konteks. Dan konsep ini muncul dari seorang desainer Adrienne so yang berasal dari San fransisco yang mengklaim bahwa dirinya percaya , bahwa perempuan yang memiliki payudara besar dapat menghasilkan energi melalui gerakan goncangan saat bergerak atau berjalan. Dan energi ini dapat dibangkitkan melalui bra khusus yang memiliki bahan elastis yang dilengkapi perangkat nanowire fabrik yang akan membantu membangkitkan energi listrik. ini hampir seperti alternatif yang mengada-ada dalam menghasilkan energi.

4. Sonea Energy yang merubah kebisingan menjadi energi listrik

para Desainer industri antara lain Jihoon Kim, Boyeon Kim, Myung-Suk Kim dan Da-Woon Chun telah menemukan sebuah metode yang inovatif yang merubah suara bising menjadi sebuah energi yang terbarukan yang merupakan energi alternatif , dengan cara mengumpulkan energi dengan cara menyerapnya melalui perangkat ini, semua suara diatas ambang kebisingan yang berada disekitarnya dirubah kedalam bentuk energi. dan perangkat ini diberi nama Sonea yang memiliki kapasitas daya yang dihasilkan sekitar 30 watt sebagai energi yang bersih yang jauh dari suara desibel.

5. Pembangkit energi melalui kursi goyang

Cara ini dalam menghasilkan energi agak rilek , sebagaimana saat kita beristirahan dengan kursi goyang sperti yang sering kita lakukan. Di rancang khusus oleh Petr Novak, kursi ini dapat membantu anda membangkitkan energi listrik seperti biasa ,saat anda duduk diatas kursi goyang pada dan membaca koran atau novel kesayangan anda. Listrik yang dihasilkan kemudan disimpan pada baterai yang ada juga dapat membantu menghidupkan lampu baca anda, yang berada diatas sandaran, membantu menerangi buku kesayangan anda saat dibaca melalui sumber energi yang ada dibawa tempat duduk.

6. Energi goncangan: sebuah energi yang dihasilkan dari boal sepak

Di beberapa negara berkembang ada yang masih menggunakan lampu minyak berbahan bakar kerosine yang menerangi dimalam hari,Yang pada dasarnya sangat berbahaya karena asap yang dihasilkan menyumbang sekitar 190 juta Metrik ton CO2 diudara tiap tahunnya. 4 mahsiswa engineering Harvard telah melakukan percobaan sekaligus mencoba menemukan solusi untuk masalah ini dengan perangkat yang bertajuk Soccket yang merupakan bola sepak yang bisa menghasilkan energi saat ditendang. yang akan menhasilkan energi pada saat siang hari untuk dipakai sebagai sumber energi penerangan dimalam hari . dan ini adalah metode yang cukup hebat selain menjaga kesehatan juga dapat menghasilkan energi listrik.

7. Pembangkit energi melalui langkah kaki manusia dengan lantai sitem khusus

Sekolah desain di Loughborough telah mendesain sistim lantai yang bisa menghasilkan energi listrik melalui langkah kaki manusia. Yang didesain oleh Pavegen System yang telah memenangkan sebuah award dalam kategori ‘Big Idea’ yang termasuk sebuah penghargaan dibidang bisnis di Inggris yang cukup bergengsi. dalam konsep ini , lantai didesain dengan cerdas untuk merubah energi kinetik dari pijakan kaki manusia menjadi energi listrik- sebuah konsep berkesinambungan tinggi dan merupakan sumber energi yang terbarukan.

8. Nanogenerator-perlengkapan yang dipakai untuk memanipulasi gerakan manusia saat berlari

apa bila anda suka jogging , maka sepatu lari anda bisa dirubah menjadi perangkat yang bisa menghasikan energi dan merubah gerakan kinetik menjadi energi listrik. Ide ini telah dikonsep oleh Lola Mensa yang telah berinvestasi untuk perangkat ini yang menempatkannya pada sepatu anda , yang akan mengumpulkan daya listrik dari gerakan lari anda kedalam baterai. Perangkat ini dinamakan Cargador De Celular yang dilengkapi nanogenerator yang akan membantu menghasilkan listrik yang akan disimpan kedalam baterai. Setelah anda berlari , anda dapat merubah perangkat ini sebagai sumber energi laptop kesayangan anda bahkan mobilephone anda.

9. Fluxxlab memanfaatkan energi dari gerakan pintu putar menghasilkan listrik yang lebih hijau

Energi dihasilkan dengan cara memutar pintu yang merupakan sumber energi potensial ,yang ditemukan desainer Fluxxlan studio di kota New york- yang mempercayai bahwa beberapa gedung di seluruh Amerika masih mempunyai pintu putar , dn sekarang memanfaatkan sumber energi yang tersembunyi. yang disebut ‘Revolution Door’, yang mungkin berubah fungsi menjadi baling-baling yang merubah energi kinetik yang kemudian ditransfer pada instalasi yang diperlukan.

10. Solar lingerie

Konsep bizarre yang diproduksi oleh pabrik lingerie di Jepang, Korset yang dilengkapi Bra yang sebenarnya dilengkapi dengan panel surya yang dipasang dengan serasi dan berkapasitas untuk menghidupkan sebuah display board. yang tampaknya tidak menyusahkan kalau dipakai dan sangat serasi untuk wanita , dipakai berjemur dipantai(vibulletin.com).


Indonesia Punya Cadangan Sumber Energi Terbesar

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) bersama sumber energi alternatif lain telah menjadi energi masa depan ramah lingkungan.

Riset Badan Energi Internasional (IEA) pada 2008 menunjukkan, jika kapasitas nuklir digandakan empat kali lipat pada tahun 2050, nuklir mampu memangkas emisi karbon hingga 6 persen.

Hal ini semacam oase saat dunia menghadapi ancaman perubahan iklim akibat emisi karbon yang sudah terlalu banyak diproduksi manusia hasil pembakaran bahan bakar fosil, seperti batu bara dan minyak.

Jika kita mau mencegah dampak buruk perubahan iklim, maka perlu memangkas emisi karbon hingga 30 persen pada tahun 2020 dan 80 persen pada tahun 2050. Nah, PLTN ini mampu mereduksi emisi rumah kaca. Oleh karenanya penggunaan PLTN dianggap sesuai dengan harapan komunitas global yang menginginkan pengurangan karbon.

Bayangkan, manakala batu bara menghasilkan 850 ton emisi karbon per gigawatt per jam, minyak 750 gigawatt dan gas 500 gigawatt, maka energi nuklir hanya mengeluarkan emisi 8 gigawatt per jam.

PLTU berdaya 1.000 MW menghabiskan 3,7 juta ton batu bara per tahun dan melepaskan 6,7 juta ton CO2 per tahun. Pasokan energi nuklir menyumbang 16 persen total listrik dunia sekaligus memupus emisi 2,5 miliar ton gas karbon setiap tahun.

Sebanyak 441 PLTN yang kini beroperasi di seluruh dunia telah menghindari emisi hampir 3 miliar ton CO2 per tahun atau setara dengan gas buang berasal lebih dari 428 juta mobil.

Lalu bagaimana dengan limbahnya? Untuk satu unit PLTN berkapasitas 1.000 MW menghasilkan limbah rata-rata hanya 300 meter kubik per tahun yang dapat disimpan dalam penampungan sementara selama 20 tahun, sebelum nantinya dikirim ke penyimpanan limbah akhir.

Lokasi penyimpanan limbah radioaktif PLTN mensyaratkan letaknya harus jauh dari pemukiman penduduk jauh dari sumber air serta memiliki risiko gempa yang kecil. Suatu tempat penyimpanan limbah radioaktif dibangun beberapa puluh sampai ratus meter di bawah tanah, seperti bunker yang berlapis-lapis dengan beton.

Saat ini, Indonesia sudah memiliki tempat penyimpanan limbah radioaktif di Serpong, terbesar di Asia Tenggara dan aman. Tempat ini menerima limbah radioaktif selain dari tiga reaktor riset Batan di Serpong, Bandung dan Yogyakarta, juga limbah radioaktif yang berasal dari seluruh rumah sakit dan industri di tanah air.

Melalui proses evaporasi, limbah ini kemudian direduksi volumenya dari 100 liter menjadi 2 liter. Setelah itu sisa cairan yang tinggal sedikit dicampur semen sehingga terkungkung dan mudah dikendalikan.

Dibanding dengan limbah bahan berbahaya beracun (B3) seperti sianida dan lainnya, limbah radioaktif yang bersifat tak stabil ini bisa meluruh dengan sendirinya karena memancarkan energi berupa sinar atau partikel untuk mencapai kestabilan.

Indonesia sebenarnya termasuk negara yang mungkin untuk segera memanfaatkan tenaga nuklir. Selain telah berpuluh tahun berpengalaman mengelola dan mengoperasikan 3 unit reaktor, Indonesia juga telah memiliki sejumlah ahli nuklir yang diakui dunia.


http://bulletin.bestlagu.com/mobile/t-186832.html

4 komentar:

Anonim mengatakan...

bang... energi cita ada ora?

yoshimori-shumimura.blogspot.com mengatakan...

energi cita ato cinta? B-) pasti ada...

energy saving mengatakan...

wah ternyata sumber energy aalternatif tu banyak banget ya mas, makasih sharenya

Bibin Tarbini mengatakan...

pastinya.. itu sih baru sebagian.. masih banak yang lainnya..